Kandungan Nutrisi yang Harus Ada Pada Susu Pertumbuhan Anak 2 Tahun

Setelah anak berusia 1 tahun, anak akan mulai diberikan makanan yang lebih bervariasi untuk memenuhi pertumbuhannya. Semakin bertambahnya usia hingga ia berusia 2 tahun, anak tentu akan sudah mulai lancar dan pintar dalam memilih makanan yang disukainya. Anda bisa memberikan susu pertumbuhan anak 2 tahun sesuai dengan usianya dengan tujuan agar kebutuhan nutrisinya terpenuhi dan dapat mendukung tumbuh kembangnya.

Kandungan Nutrisi Susu 2 Tahun

1. Kalori

Saat mencari susu untuk si kecil, ingatlah jumlah kalori dalam segelas susu. Kalori penting untuk diubah menjadi energi sehingga ia dapat beraktivitas dengan baik.  Tergantung pada usia anak, kebutuhan kalori tersebut adalah 1.125 Kkal untuk balita usia 1-3 tahun dan 1.600 Kkal untuk balita usia 4-6 tahun.

Karena kalori yang dibutuhkan sesuai usia sangat penting dalam menemukan jenis susu pertumbuhan anak 2 tahun yang tepat untuk rencana nutrisi anak Anda, bicarakan dengan dokter Anda tentang rekomendasi khusus untuk bayi yang membutuhkan penambahan berat badan.

2. Lemak

Anak-anak berusia 2-3 tahun harus mengonsumsi asupan lemak total sekitar 30-35% dari total kalori mereka. Di sisi lain, anak-anak berusia 4 hingga 18 tahun membutuhkan 25 hingga 35% dari total kalori mereka.

Menurut data kecukupan gizi, kebutuhan lemak anak adalah 44 gram untuk balita usia 1-3 tahun dan 62 gram untuk balita usia 4-6 tahun. Lemak ini dapat diperoleh dari berbagai sumber lemak tak jenuh, seperti ikan, kacang-kacangan, dan minyak nabati.

3. Protein

Protein terlibat dalam pengembangan sel somatik, hormon, mendukung sistem kekebalan tubuh, dan struktur pendukung lainnya yang penting seperti otot. Untuk kebutuhan protein pada balita yaitu 26 gram untuk balita usia 1-3 tahun dan 35 gram untuk balita usia 4-6 tahun.

4. Kalsium

Nutrisi penting yang harus ada dalam susu formula adalah kalsium dan vitamin D. Kalsium adalah zat penting yang meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang selama perkembangan anak-anak antara usia 1 dan 5 tahun sedangkan vitamin D juga penting dalam penyerapan kalsium. Untuk kebutuhan kandungan kalsium yang dibutuhkan berdasarkan usia balita yaitu 650 mg untuk balita usia 1-3 tahun dan 1000 mg untuk balita usia 4-6 tahun.

Susu Formula Untuk Anak 2 Tahun

Saat membeli susu formula untuk anak, periksa bagian informasi nutrisi yang akurat untuk setiap produk yang tertera berapa persentasi dan takaran nutrisi yang terkandung di dalamnya. Memahami informasi nutrisi dapat membantu dalam memilih susu yang tepat untuk si kecil.

Susu pertumbuhan anak 2 tahun yang direkomendasikan yaitu susu dari Nestle yaitu Nutren Junior yang cocok untuk anak berusia 1 hingga 10 tahun dengan nutrisi yang lengkap dengan kandungan 13 vitamin dan 9 mineral serta DHA, omega 3 dan 6 untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

By admin